Obiter Dicta

Obiter Dicta

 About

Obiter Dicta adalah platform yang berisi tentang opini tentang perkembangan dan peristiwa hukum terkini, ringkasan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari para civitas akademik Fakultas Hukum Universitas Airlangga dan pihak-pihak yang terafiliasi Fakultas Hukum Universitas Airlangga (alumni). Tujuan dari platform ini adalah sebagai wadah untuk penyaluran dan pertukaran ide dan informasi tentang perkembangan hukum terkini, kegiatan penelitian sekaligus pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Civitas Akademika Fakultas Hukum Universitas Airlangga.

OBITER DICTA terbit 2 kali dalam 1 bulan.

Konten yang dikirimkan ke OBITER DICTA tidak boleh mengandung unsur SARA, pornografi, ujaran kebencian dan pelanggaran karya cipta.

Redaksi berhak untuk menolak/tidak menayangkan konten (teks, foto, atau video) bila tidak sesuai dengan ketentuan Redaksi.

Ketentuan Umum Penulisan                    

  1. Tidak menjiplak atau melakukan salin tempel (copy-paste) konten milik orang lain atau pihak lain.
  2. Tulisan atau konten yang dibuat tidak plagiat dan merupakan karya asli penulis. Jika ada yang menuliskan konten berupa gagasan, kutipan atau opini dari pihak lain, maka diharuskan untuk menyebut sumber utamanya.

Artikel Opini

  1. Judul Opini.
  2. Artikel Opini adalah teks berisi analisis subyektif atas suatu topik atau isu hukum yang sedang ramai dibahas.
  3. Artikel Opini memuat fakta pendukung dan Opini yang menjadi gagasan utama hasil analisis subjektif disertai dasar normatif dan/atau konseptual.
  4. Opini dan fakta tersebut saling berkaitan dan menguatkan. Opini merupakan argumen dari sudut pandang penulis yang menjadi gagasan utama. Sedangkan fakta dapat berupa data atau bukti atas suatu kejadian atau peristiwa nyata yang menjadi pendukung.
  5. Artikel Opini dituliskan secara sederhana, dengan gaya bahasa yang jelas dan tegas berjumlah 700-1000 kata menggunakan font Times New Roman ukuran 12, rata kanan kiri, spasi 1,5 dengan tambahan spasi setelah paragraf. Kalimat panjang, dan paragraf panjang, dapat membingungkan pembaca.
  6. Opini yang disampaikan oleh para kontributor dalam media ini merupakan pandangan pribadi dan tidak mewakili instansi Fakultas Hukum Universitas Airlangga.

Ringkasan Penelitian & Ringkasan Pengabdian Kepada Masyarakat

  1. Ringkasan penelitian, wajib mencantumkan informasi tentang penelitian atau kegiatan pengabdian masyarakat (Judul Penelitian, Tahun Penelitian dan Sumber Pendanaan).
  2. Ringkasan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, wajib menyertakan foto kegiatan.

Konten dapat dikirimkan melalui email kepada humas@fh.unair.ac.id dengan subjek “Obiter Dicta” disertai identitas jelas seperti nama lengkap, NIM (khusus mahasiswa FH UNAIR), dan untuk alumni dapat mencantumkan tahun alumni dan asal institusi)