International Undergraduate Program (IUP)

  • Beranda
  • International Undergraduate Program (IUP)

Tentang International Undergraduate Program (IUP)

Fakultas Hukum Universitas Airlangga adalah salah satu fakultas hukum terkemuka di Indonesia. Dimulai sejak tahun 1951, telah diakui bahwa Fakultas ini memiliki reputasi nasional yang sangat baik dan telah diakreditasi “A” (unggul) oleh BAN-PT sebagai Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dalam 30 (tiga puluh) tahun terakhir. Secara internasional, Program Sarjana telah diakreditasi oleh FIBAA (Foundation for International Business Administration Accreditation) dan telah disertifikasi oleh AUN-QA (ASEAN University Network – Quality Assurance).

Sejak tahun akademik 2017/2018, Fakultas Hukum Universitas Airlangga telah membuka International Undergraduate Program (IUP). Program ini menawarkan Hukum Internasional dan Hukum Bisnis Internasional (perspektif Indonesia) yang diajarkan dalam Bahasa Inggris (kecuali hukum acara).

IUP ini dirancang khusus untuk calon mahasiswa yang lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA) dan ingin mengejar gelar Sarjana Hukum (S.H.) yang setara dengan Bachelor of Laws (LL.B.), serta praktisi hukum asing yang ingin berkegiatan hukum di Indonesia, ASEAN, dan wilayah Asia.

Mahasiswa IUP akan memiliki kesempatan untuk mengikuti program pertukaran pelajar, fast track, dan double degree. Program Pertukaran Pelajar menawarkan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar negeri di universitas mitra kami. Kredit yang diperoleh dari Program Pertukaran ini dapat diakui sebagai kredit IUP. Program Fast Track adalah program yang dirancang untuk mengejar gelar sarjana dan magister dalam periode waktu yang lebih singkat. Program ini dapat diambil oleh mahasiswa yang telah menyelesaikan tahun ketiga di Fakultas Hukum Universitas Airlangga.

Untuk informasi lebih lanjut tentang IUP, silakan kunjungi https://iup.unair.ac.id/

dwi rahayu

Dwi Rahayu Kristianti, S.H., M.A.(Koordinator International Undergraduate Program (IUP))

iup ind

Program Double Degree

Fakultas Hukum Universitas Airlangga – Maastricht University

IUP menawarkan program Double Degree dalam “Hukum Internasional, Eropa, dan Indonesia”. Program ini berlangsung selama empat tahun, di mana pada tahun pertama, mahasiswa akan mengikuti program kelas internasional yang disediakan oleh Fakultas Hukum Universitas Airlangga, dan melanjutkan tahun kedua dan ketiga di Program European Law School (ELS) reguler di Maastricht University, Belanda. Kemudian, mahasiswa akan kembali untuk melanjutkan tahun keempat di Universitas Airlangga.

Setelah berhasil menyelesaikan program ini, baik Universitas Airlangga maupun Maastricht University akan menerbitkan gelar untuk lulusan, yaito Sarjana Hukum (S.H.) dari Universitas Airlangga untuk menyelesaikan program kelas internasional dan gelar Bachelor of Laws (LL.B) dari Maastricht University untuk menyelesaikan ELS-Programme. Untuk informasi lebih lanjut tentang ELS, silakan kunjungi: https://www.maastrichtuniversity.nl/education/bachelor/bachelor-european-law-school/courses-curriculum  

 

Fakultas Hukum Universitas Airlangga – Durham University, School of Law

Informasi akan tersaji dalam waktu dekat.

Aktivitas Mahasiswa

Mahasiswa IUP telah berpartisipasi dalam beberapa kompetisi Moot Court Internasional; salah satunya adalah Kompetisi 19th International Maritime Law Arbitration Moot (IMLAM) pada tahun 2018 yang diselenggarakan oleh TC Beirne School of Law, University of Queensland, Australia, di mana Universitas Airlangga dianugerahi Sarah Derrington Award dan Juara Umum untuk Best Memorial. Pada April 2020, Tim Kompetisi Moot Court Hukum Internasional Phillip Jessup memenangkan Putaran Nasional dan berhak mewakili Indonesia pada putaran internasional di Washington DC. Sedangkan di tahun 2023, beberapa mahasiswa IUP mendapatkan status sebagai World Quarterfinalist in the 2023 International Criminal Court Moot Court Competition yang diselenggarakan di Den Haag, Belanda.

Let’s Meet with the International Undergraduate Program (IUP) Students


Accredited by:
BAN PT FIBAA Logo AUN-QA

Member of:
 ASIAN LAW INSTITUTE International Association of Law School BKS-FH Asean University Network

Sustainable Development Goals MBKM kampus Merdeka
monash blue mulia
Jean Monnet Modules
.

Let's connect with Us!

Fakultas Hukum Universitas Airlangga
Jl.Dharmawangsa Dalam Selatan Surabaya 60286
Telp: +6231-5023151 Fax: +6231-5020454
e-mail: humas@fh.unair.ac.id

© Copyright. FH UNAIR. All Rights Reserved.

To Top