UKBH FH UNAIR Tingkatkan Akses Bantuan Hukum via Konsultasi Hukum Secara Online

  • Beranda
  • Berita
  • UKBH FH UNAIR Tingkatkan Akses Bantuan Hukum via Konsultasi Hukum Secara Online
| yuni afifah |

Selain memberikan bantuan hukum, organisasi atau unit bantuan hukum biasanya juga menyediakan layanan konsultasi hukum bagi masyarakat yang membutuhkan. Layanan konsultasi hukum ini juga tersedia secara gratis dan dapat diakses oleh semua kalangan. Hal inilah yang juga dicanangkan oleh Unit Konsultasi dan Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Airlangga (UKBH FH UNAIR) dalam program kerja mereka di tahun 2022 ini.

Melalui wawancara dengan FH News pada Selasa (14/6/2022), salah satu pemagang di UKBH mengatakan bahwa saat ini UKBH sedang berbenah dan berencana untuk membuka layanan konsultasi hukum gratis yang dilakukan secara daring (dalam jaringan) setiap minggu. Selain membuka layanan konsultasi hukum, UKBH juga berencana untuk melakukan remake terhadap website mereka.

“Selain memberi bantuan hukum, UKBH juga memberikan beberapa layanan seperti konsultasi online melalui program #TanyaDong yang diadakan setiap dua minggu sekali. Pada program pertama kemarin, kami mengangkat topik tentang hukum waris Islam. Pada program kedua kami mengangkat topik tentang pertanahan dengan konsultannya yaitu Pak Agus Sekarmadji. Kemudian untuk program ketiga, kami berencana mengangkat topik tentang perpajakan,” tutur Virda, salah satu pemagang UKBH.

Untuk mekanisme layanan konsultasi online program #TanyaDong sendiri hanya tersedia kuota untuk 3 – 4 orang per sesi bagi yang ingin menanyakan perihal masalah hukumnya. Calon klien dapat menuliskan pertanyaannya melalui Google Form yang telah disediakan, lalu sesi konsultasinya dilaksanakan melalui platfrom Zoom Meeting yang dikirimkan ke akun WhatsApp masing-masing klien.

Virda juga mengatakan bahwa UKBH aktif melakukan pengabdian masyarakat melalui konsultasi secara gratis bagi masyarakat yang membutuhkan. Selain itu, UKBH juga memberikan edukasi kepada masyarakat terkait konten-konten metaverse, Binomo, binary option, jual putus, serta kasus-kasus yang sedang trending di media sosial dan bagaimana perspektifnya dari sisi hukum.

“Konten-konten edukasi itu dapat dilihat melalui Instagram kami di @ukbhfhunair,” ujar Virda.

 

Penulis : Dewi Yugi Arti

Share Link:
Berita Lainya
logo-header

© Copyright. FH UNAIR. All Rights Reserved.