Raih Peringkat 217 Dunia, FH UNAIR Jadi Yang Terbaik di Indonesia Versi Scimago Institutions Rankings (SIR) 2022

  • Beranda
  • Berita
  • Raih Peringkat 217 Dunia, FH UNAIR Jadi Yang Terbaik di Indonesia Versi Scimago Institutions Rankings (SIR) 2022
| yuni afifah |

Kabar menggembirakan kembali hadir dari Fakultas Hukum Universitas Airlangga. Tak di sangka-sangka, pada tahun 2022 ini, Fakultas Hukum Universitas Airlangga terus meneguhkan dirinya sebagai lembaga perguruan tinggi bertaraf internasional yang diakui dunia. Hal ini tampak dari hasil pemeringkatan SCImago Institutions Rankings (SIR) 2022 untuk kategori law yang menempatkan Fakultas Hukum Universitas Airlangga pada posisi nomor 1 di Indonesia, nomor 31 di Asia, dan nomor 217 di Dunia. Adapun terdapat tiga kelompok indikator yang digunakan untuk menghasilkan pemeringkatan tersebut terdiri dari: research performance (50%), innovation outputs (30%), dan societal impact (20%). Uniknya lagi, pemeringkatan oleh SCImago ini memiliki keterkaitan yang erat dengan hasil publikasi ilmiah terindeks Scopus. Kondisi ini menunjukkan bahwa penelitian hukum yang selama ini dilakukan terbukti memiliki performa dan kualitas terbaik.

Terhadap pencapaian tersebut, Iman Prihandono, S.H., M.H., LL.M., Ph.D. selaku Dekan, mengungkapkan rasa bahagia dan bangganya. “Sekali lagi tahun 2022 ini menjadi tahun yang menggembirakan sekaligus membanggakan bagi FH UNAIR. Di usianya yang ke-71 tahun ini FH UNAIR kembali mendapatkan kepercayaan global berupa Ranking SIR yang menempatkan kami sebagai Fakultas Hukum terbaik di Indonesia” ujarnya dalam sebuah wawancara. Menurutnya, hasil yang dicapai ini merupakan buah dari perjuangan panjang terutama pada ketiga indikator dari SCImago.

Berbagai upaya tentunya sudah dilakukan. Mulai dari secara perlahan mendorong dosen dan mahasiswa untuk berkolaborasi riset dengan akademisi di universitas partner guna meningkatkan indikator kinerja penelitian. Meluncurkan aplikasi pendidikan hukum secara online pertama di Indonesia yang diberi nama Airlangga Legal Education Center (ALEC) dan terus berupaya menghasilkan aplikasi lainnya guna memajukan indikator hasil inovasi. Sampai dengan meluncurkan Buku Saku bagi Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri untuk mencegah dan mengenali perilaku intoleran dan radikal. Serta adanya beberapa Desa binaan yang berfokus pada restorative justice, pencegahan korupsi dan penguatan perlindungan kekayaan intelektual perajin UMKM dalam rangka memajukan indikator dampak sosial. 

Sebagai penutup, beliau berharap agar pemeringkatan SCImago yang diraih sekarang ini dapat menjadi pemacu semangat menjadi semakin baik dan memberikan lebih banyak lagi kontribusi bagi pengembangan keilmuan hukum, inovasi dan dampak sosial. Tak lupa beliau juga menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung Fakultas Hukum Universitas Airlangga menjadi seperti sekarang. “Terima Kasih kepada Pimpinan Universitas Airlangga yang terus mendukung kami di Fakultas dengan bantuan teknis dan finansial yang cukup untuk mengembangkan program dan inovasi baru, tentunya terima kasih juga kepada semua civitas akademika FH UNAIR, Dosen, Tenaga Pendidik, Mahasiswa, dan Alumni. Capaian ini adalah capaian kita bersama.” Ungkapnya menutup.

Penulis : Dean Rizqullah Risdaryanto 

Share Link:
Berita Lainya
logo-header

© Copyright. FH UNAIR. All Rights Reserved.