Unit of Legal Consultancy and Advocacy (UKBH)

Unit of Legal Consultancy and Advocacy (UKBH)

UKBH merupakan salah satu unit di lingkungan Fakultas Hukum Universitas Airlangga yang menyediakan layanan konsultasi dan bantuan hukum kepada pihak yang memerlukan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Segmentasi utama layanan ditujukan kepada pihak-pihak kemampuan ekonominya kurang. Selain itu, UKBH merupakan unit yang terintegrasi dengan pengembangan kurikulum legal clinic yang menyediakan ruang bagi pemagangan mahasiswa. Berdiri sejak era 70an, UKBH merupakan salah satu layanan bantuan hukum kampus tertua bersama Universitas Indonesia dan Universitas Padjajaran yang dulunya bernama Biro Bantuan Hukum. 

Struktur di UKBH terdiri dari Ketua, Sekretaris dan Konsultan. Ketua dan Sekretaris menjalankan fungsi manajemen organisasi. Sementara itu, Konsultan pada UKBH menjalankan fungsi untuk memberikan pertimbangan-pertimbangan hukum terhadap kasus atau perkara yang ditangani UKBH. Selain itu, Konsultan juga akan memiliki tugas untuk melakukan supervisi terhadap mahasiswa magang. Kesemua struktur tersebut diisi dari dosen Fakultas Hukum Universitas Airlangga. 

Selain itu, UKBH juga terbuka dalam pendampingan dan layanan dengan advokat yang terikat kerjasama. Jenis layanan UKBH meliputi konsultasi hukum serta pendampingan hukum baik secara litigasi maupun non-litigasi. Lebih lanjut, UKBH juga melakukan pelatihan-pelatihan yang terkait dengan advokasi dan keparalegalan.

Setiap semester, UKBH menerima pemagangan mahasiswa. Pemagangan dalam UKBH sementara ini diprioritaskan bagi internal mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Airlangga. Jumlah kuota pemagang setiap semesternya adalah 12-20 orang. Mahasiswa Pemagang di UKBH adalah mahasiswa pengambil mata kuliah klinik hukum. Pengambil mata kuliah ini adalah mereka yang sudah menempuh mata kuliah hukum acara (diutamakan Hukum Acara Pidana, Hukum Acara Perdata, Hukum Acara Pengadilan Tata Usaha Negara). Program pemagangan di UKBH didesain secara khusus supaya mahasiswa dapat terlibat dalam pelayanan bantuan hukum baik di ranah non-litigasi maupun litigasi. Setiap mahasiswa pemagang akan didampingi dan disupervisi oleh dosen pendamping yang juga merupakan Konsultan pada UKBH. Setelah pemagangan, mahasiswa pemagang diharapkan dapat memiliki kompetensi dasar antara lain dalam hal pembuatan dokumen hukum, tehnik interview, serta tehnik pendampingan klien. Masa pemagangan berlangsung selama kurang lebih 1 (satu) semester. Pada tahap akhir, Mahasiswa yang dinyatakan memenuhi ketentuan pemagangan akan diberikan sertifikat.  Informasi lengkap tentang pemagangan di UKBH silahkan mengunjungi laman https://fh.unair.ac.id/pendidikan/internship/.

Director: Haidar Adam, S.H., LL.M

Secretary: Franky Butar Butar, S.H., M.Dev.Prac., LL.M

Layanan

– Konsultasi hukum
– Mediasi
– Pembuatan pendapat hukum (Legal Opinion)
– Pendampingan hukum (litigasi dan non-litigasi)
– Pelatihan-pelatihan (advokasi dan keparalegalan)

Service Hours

– Setiap hari kerja 
– Jam 10.00-15.00 WIB
– Catatan: karena masih dalam masa pandemi, kantor UKBH membatasi layanan yang bersifat tata muka. Informasi selanjutnya hubungi kontak UKBH.

Frequently Asked Questions (FAQs)

  1. Apa itu Unit Konsultasi dan Bantuan Hukum (UKBH) Fakultas Hukum Universitas Airlangga?

Jawab: UKBH merupakan salah satu unit di lingkungan Fakultas Hukum Universitas Airlangga yang menyediakan layanan konsultasi dan bantuan hukum kepada pihak yang memerlukan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

  1. Apa saja jenis layanan UKBH?

Layanan UKBH mencakup pada pemberian konsultasi hukum, pembuatan dan penyusunan dokumen hukum, penyusunan legal opinion, dan pendampingan klien baik melalui jalur litigasi maupun non-litigasi. 

  1. Kapan hari dan jam operasional UKBH?

Senin-Jumat Jam 09.00-16.00 WIB.

  1. Bagaimana Struktur kepengurusan UKBH?

Jawab: UKBH terdiri dari Pengurus dan Konsultan. Pengurus UKBH terdiri dari Ketua, Sekretaris dan Bendahara. Konsultan pada UKBH adalah dosen pengajar pada Fakultas Hukum Universitas Airlangga yang memiliki keahlian dalam bidang hukum yang spesifik yang berfungsi memberikan pertimbangan hukum terhadap perkara yang ditangani UKBH.

  1. Apakah pelayanan di UKBH dikenai biaya?

Jawab: Terhadap masyarakat miskin dan/atau kelompok rentan, UKBH tidak memungut biaya. Terhadap kelompok diluar golongan tersebut, UKBH akan memungut biaya sesuai dengan kemampuan dari klien.

  1. Pertanyaan: Media UKBH apa saja yang bisa dihubungi oleh pihak yang berkepentingan?

Telepon: (031) 5022787 e-mail: ukbh@fh.unair.ac.id instagram: ukbhfhunair

Contact

Email: ukbh@fh.unair.ac.id
Telp.: 0315022787

Gedung LPHK Fakultas Hukum Universitas Airlangga
Jl. Dharmawangsa Dalam Selatan Surabaya