Program Sarjana Kelas Reguler

Program Sarjana

Program Sarjana Kelas Reguler

Program Studi Ilmu Hukum (S1) Fakultas Hukum Universitas Airlangga dirancang berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Tujuan program ini adalah untuk menghasilkan para ahli hukum yang profesional, memiliki kompetensi dan keterampilan di bidang praktik hukum serta memiliki moralitas tinggi. Dalam program ini, pada umumnya mahasiswa memerlukan masa studi 4 (empat) tahun atau 8 (delapan) semester dengan beban studi yang harus ditempuh untuk dinyatakan lulus minimal sebanyak 144 sks (satuan kredit semester). Pada akhir masa studi, setelah mahasiswa menempuh minimal 110 sks, mahasiswa harus menyusun skripsi untuk dipertahankan di hadapan Panitia Penguji Skripsi. Setelah diwisuda, mahasiswa yang bersangkutan berhak menyandang gelar akademik Sarjana Hukum (S.H.).

Setiap mahasiswa untuk lulus dan mendapatkan gelar Sarjana Hukum (S.H.) harus menyelesaikan minimal 144 sks. Selama masa studi, kinerja pembelajaran mahasiswa akan dievaluasi dalam ujian tengah semester, ujian akhir semester, penugasan, dan praktikum. Selain itu, pada akhir masa studi mahasiswa harus menyelesaikan skripsi yang akan diuji oleh Panitia Penguji Skripsi. Pada umumnya mahasiswa akan menyelesaikan studi selama 4 (empat) tahun atau 8 (delapan) semester. Dengan perencanaan yang matang, mahasiswa dapat menyelesaikan program dalam waktu 3,5 (tiga setengah) tahun atau 7 (tujuh) semester. Di sisi lain, beberapa mahasiswa mungkin perlu lebih banyak waktu untuk menyelesaikan studi mereka karena berbagai alasan. Namun, semua mahasiswa diwajibkan untuk menyelesaikan studi mereka maksimal selama 7 tahun atau 14 semester.

 

Persyaratan

Untuk dapat menempuh Program Studi Ilmu Hukum (S1) pada Fakultas Hukum Universitas Airlangga, calon mahasiswa harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Calon mahasiswa harus telah dinyatakan lulus jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA);
  2. Calon mahasiswa harus dinyatakan lulus ujian seleksi yang dapat dipilih melalui jalur: Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN); atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN); atau Program Penelusuran Minat dan Kemampuan (Seleksi Mandiri Universitas Airlangga); 

Para calon mahasiswa diharapkan juga memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang memadai dalam menempuh pendidikan sarjana di Fakultas Hukum Universitas Airlangga.

Peminatan

Program Studi Ilmu Hukum (S1) di Fakultas Hukum Universitas Airlangga menawarkan 5 (lima) bidang peminatan yang dapat dipilih oleh tiap mahasiswa sebagai fokus studinya, yaitu:

  1. Bisnis Syariah;
  2. Hukum Bisnis;
  3. Hukum Internasional;
  4. Pemerintahan; dan
  5. Peradilan

Kontak

Untuk informasi lebih lanjut mengenai penerimaan mahasiswa baru untuk Program Studi Ilmu Hukum (S1) silakan mengunjungi laman Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru. Informasi lebih lengkap tentang Program Studi S1 Ilmu Hukum silahkan mengunjungi laman https://s1.fh.unair.ac.id/ .