Pemilu dan Sistem Presidensiil Indonesia

Juni 6, 2022
wp-content/uploads/2022/06/Tanpa-judul-1280-×-720-piksel-1.jpgwp-content/uploads/2022/06/Tanpa-judul-1280-×-720-piksel-1.jpg

Penulis: Dr. Mohammad Syaiful Aris, S.H., M.H, LL.M.,
Penerbit: Intrans Publishing (2022)
ISBN: 978-623-6716-37-3

Kelemahan sistem pemerintahan presidensiil salah satunya adalah kemungkinan hadirnya presiden minoritas yaitu presiden yang tidak didukung oleh mayoritas parlemen. Presiden mendapatkan mandat kuat dari rakyat namun, dengan posisi minoritas, agenda pemeritahan yang dijalankan presiden dapat terhambat oleh parlemen sehingga diperlukan kaoalisi pemerintahan.

Menjawab permasalahan penguatan sisten presidensiil di Indonesia, penulis menawarkan sistem pemilihan umum alternatif sebagai upaya mencipatakan pemerintahan yang efektif dan bertanggung jawab karena akan mendorong peneyederhanaan partai politik dan tanggung jawab para wakil rakyat pada pemilih.

Buku ini membahas secara spesifik perihal sistem pemilihan umum untuk penguatan sistem presidensiil di Indonesia. Secara keseluruuahn, isi buku ini memenuhi kebutuhan pengetahuan mahasiswa, praktisi hukum dan masyarakat umum yang hendak mendalami hukum kepemiluan dan sistem pemerintahan di Indonesia.


logo-header

© Copyright. FH UNAIR. All Rights Reserved.