Membanggakan! Alumnus FH UNAIR Sabet Dua Medali pada Kejuaraan SEA Games 2021

  • Beranda
  • Berita
  • Membanggakan! Alumnus FH UNAIR Sabet Dua Medali pada Kejuaraan SEA Games 2021
| yuni afifah |

Pesta Olahraga Asia Tenggara atau Southeast Asian Games (SEA Games) merupakan kejuaraan yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali dan melibatkan 11 negara. SEA Games berdiri di bawah naungan Southeast Asian Games Federation yang diawasi oleh International Olympic Committee dan Olympic Council of Asia. Di tahun 2021, SEA Games diadakan di Vietnam. Namun, karena adanya pandemi COVID-19, kejuaraan SEA Games 2021 diundur satu tahun dan baru dilaksanakan pada tahun 2022.

Salah satu alumnis Fakultas Hukum Universitas Airlangga (FH UNAIR) angkatan 2014, Dio Novandra Wibawa, berhasil meraih dua medali sekaligus pada kejuaraan SEA Games 2021. Kedua medali tersebut yaitu medali perak dari cabang olahraga finswimming nomor Mens Estafet 4 x 200 Meter Surface dan medali perunggu dari cabang olahraga finswimming pada nomor Mens Estafet 4 x 100 Meter Surface.

Dalam wawancara dengan jurnalis HUMAS FH UNAIR pada Jumat (10/6/2022), Dio mengatakan ini kali pertama ia mengikuti kejuaraan SEA Games. Sebelumnya, ia biasa bertanding di kejuaraan nasional yaitu Pekan Olahraga Nasional (PON). Ia bahkan pernah menyabet medali emas pada PON 2016 di nomor estafet 100 meter surface putra serta pada PON 2021 di nomor estafet 200 meter surface putra.

Dio menceritakan bahwa persiapan yang ia lakukan untuk mengikuti SEA Games 2021 hanya disiapkan dalam waktu yang sangat singkat yaitu dua bulan saja. Hal ini membuatnya sempat kewalahan karena harus mengeluarkan ekstra tenaga untuk mengejar target yang hendak dicapai. Kendati begitu, ia merasa terharu dan bangga karena berhasil mendapat kesempatan sebagai peselam kategori tim mewakili Indonesia di ajang SEA Games 2021.

Dio juga menceritakan alasannya memutuskan untuk menjadi atlet meskipun latar belakangnya merupakan Sarjana Hukum.

“Saya memilih menjadi atlet pada awalnya untuk mengisi waktu luang di masa muda, supaya positif begitu kegiatannya. Selain itu juga untuk alasan kesehatan karena saya ingin sehat jasmani dan rohani. Terakhir, untuk tujuan sekolah melalui jalur prestasi,” tutur Dio.

Tak lupa, Dio memaparkan harapan ke depannya untuk cabang olahraga selam di Indonesia dan para atlet selam Indonesia. Ia juga memberikan pesan untuk para atlet selam di luar sana.

“Harapan ke depannya semoga bisa lebih baik dan semakin baik lagi dalam hal pembinaan atlet. Pesannya untuk para atlet harus tetap berjuang, fokus apa yang ingin diraih, dan jalani dengan ikhlas,” pungkas Dio. (*)

 

Penulis : Dewi Yugi Arti

Caption : Dio Novandra Wibawa (Paling Kanan) dan Timnya pada Kejuaraan SEA Games 2021.

Share Link:
Berita Lainya
logo-header

© Copyright. FH UNAIR. All Rights Reserved.