SKP

Sie Kerohanian Protestan atau Persekutuan Doa Yuris merupakan badan semi otonom yang bergerak di bidang kerohanian bagi mahasiswa-mahasiwa beragama Kristen Protestan di Fakultas Hukum Universitas Airlangga. Sesuai dengan perkataan Tuhan Yesus Kristus dalam Injil Matius 4:4, bahwa “Manusia bukan hidup dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah”, menunjukkan kebutuhan setiap insan akan adanya keadaan yang seimbang antara kehidupan jasmani dan rohani. Oleh karena itu, didorong oleh keinginan luhur untuk membangun manusia Indonesia seutuhnya, terutama agar tercapainya suatu kehidupan yang sejahtera dan berkenan di hadapan Tuhan, serta sesuai dengan perintah Tuhan Yesus Kristus dalam Injil Matius 6:33, maka sekelompok mahasiswa Kristen di lingkungan Fakultas Hukum Universitas Airlangga membentuk Sie Kerohanian Kristen Protestan pada tanggal 22 Mei 1999 dengan nama awal Komunitas Protestan. Pada awalnya, komunitas tersebut merupakan sebuah cabang komunitas di bawah Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Kristen Universitas Airlangga (UKMKKr). Seiring dengan meratanya perkembangan Persekutuan Doa atau Komunitas Protestan di setiap fakultas dengan kecirikhasannya masing-masing, maka Komunitas Protestan di Fakultas Hukum Universitas Airlangga pun berganti nama menjadi Persekutuan Doa Yuris, yang mana arti Yuris adalah ahli hukum dengan harapan seperti tersebut di atas.

Visi

Mempersembahkan Fakultas Hukum Universitas Airlangga untuk kemuliaan nama Tuhan.

Misi

  1. Membantu mahasiswa Kristen untuk memiliki, mempertahankan, dan meningkatkan persekutuan pribadinya dengan Tuhan.
  2. Melengkapi kehidupan belajar mahasiswa Kristen untuk:
  • Memiliki motivasi yang benar dan menghayati arti studi di Perguruan Tinggi bagi seorang Kristen.
  • Memiliki semangat, kegiatan, dan ketekunan yang seimbang antara studi dan pelayanan.
  • Memberi arah yang positif dan mempersiapkan mahasiswa Kristen bagi masa depannya yang cerah sebagai para mahasiswa Kristen, anggota masyarakat dan pemuka masyarakat yang terbaik, dapat memakai dan mengembangkan perannya untuk membangun bangsa dan negara.
  • Menjadi alumni yang tetap dapat melanjutkan perjuangan rohaninya di gereja masing-masing, di persekutuan mahasiswa sebagai pembina, penggerak atau motivator, komunikator pelayanan, dan misionaris.
  1. Menggalang, meningkatkan, dan melestarikan fellowship di antara mahasiswa Kristen, dosen, dan karyawan dalam kampus maupun luar kampus.
  2. Meningkatkan kesaksian dan citra baik mahasiswa Kristen di kampusnya, di rumah maupun di tengah-tengah masyarakat luas.
Our Activities
  1. Ibadah Persekutuan Doa (PD)

               Ibadah Persekutuan Doa merupakan salah satu kegiatan utama dari Persekutuan Doa Yuris yang berupa ibadah bersama dengan segenap Mahasiswa Kristen di Fakultas Hukum Universitas Airlangga. Dalam Ibrani 10:25, Firman Tuhan menasihatkan, “Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat”. Menanggapi nasihat tersebut, maka Persekutuan Doa Yuris mengadakan Ibadah Persekutuan Doa sebagai wadah untuk beribadah bersama dengan segenap saudara-saudara seiman di Fakultas Hukum Universitas Airlangga. Dengan adanya Ibadah Persekutuan Doa tersebut, kegiatan tersebut diharapkan dapat membentuk Mahasiswa Kristen Fakultas Hukum Universitas Airlangga untuk semakin bertumbuh di dalam iman, pengharapan, dan kasih kepada Tuhan dan sesama dalam suatu persekutuan sebagai sesama anggota Tubuh Kristus.

  1. Sharing dan Doa (SHADO)

               Sharing dan Doa merupakan salah satu kegiatan dari Persekutuan Doa Yuris yang berupa forum untuk saling berbagi, saling menguatkan, serta saling mendoakan. Dalam Yakobus 5:16, Firman Tuhan menasihatkan, “Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya”. Menanggapi nasihat tersebut, maka Persekutuan Doa Yuris mengadakan Sharing dan Doa dengan tujuan sebagai tempat bagi Mahasiswa Kristen Fakultas Hukum Universitas Airlangga untuk saling berbagi, baik mengenai kebaikan Tuhan dalam kehidupan pribadi maupun pergumulan atau permasalahan yang mungkin sedang dihadapi, sehingga para Mahasiswa Kristen Fakultas Hukum Universitas Airlangga dapat saling menolong, saling menguatkan, serta saling mendoakan antar saudara seimannya. Selain itu, Sharing dan Doa juga  menjadi wadah untuk Mahasiswa Kristen Fakultas Hukum Universitas Airlangga berkumpul dan menaikkan doa-doa syafaat kepada Tuhan.

  1. Welcome Party

               Welcome Party merupakan salah satu kegiatan dari Persekutuan Doa Yuris yang diadakan setiap tahunnya untuk menyambut setiap Mahasiswa Kristen yang baru bergabung dalam Fakultas Hukum Universitas Airlangga. Welcome Party juga menjadi tempat untuk Mahasiswa Kristen baru saling mengenal dengan saudara-saudara seimannya yang telah lebih dahulu bergabung dalam Fakultas Hukum Universitas Airlangga.

  1. Ibadah Natal Yuris

               Ibadah Natal Yuris merupakan salah satu kegiatan dari Persekutuan Doa Yuris yang diadakan setiap tahunnya untuk memperingati dan merayakan Hari Raya Natal. Kitab Suci mengajarkan bahwa “semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah” (Roma 3:23) dan “upah dosa ialah maut” (Roma 6:23). Akibat dosa, manusia menjadi terpisah dari Allah yang kudus dan adil. Segala pengorbanan, usaha, dan ibadah manusia tidak mampu untuk menghapus dosa manusia, apalagi untuk mencapai Allah. Akan tetapi, syukur kepada Allah, Yesus Kristus telah datang ke dalam dunia sebagai jalan pendamaian antara manusia dan Allah, yaitu melalui karya pengorbanan-Nya di atas kayu salib (Kolose 1:20). Hanya oleh karena kasih karunia Allah dalam Kristus Yesus, jalan keselamatan akhirnya telah terbuka bagi setiap Umat yang percaya kepada-Nya. Maka dari itu, Persekutuan Doa Yuris mengadakan Ibadah Natal Yuris untuk memperingati salah satu peristiwa terpenting dalam Iman Kristen, yaitu kelahiran Tuhan Yesus Kristus, Firman Allah yang telah datang ke dalam dunia dalam rupa manusia untuk menyelamatkan Umat-Nya.

2023 Board
  • Ketua: Brillian Nathanael Wijaya
  • Sekretaris: Adinda Widya Isabel Lamasigi
  • Bendahara: Deva Amelia
  • Koordinator Divisi Acara: Tiffany Angelita
  • Koordinator Divisi Doa, Penginjilan, dan Pemerhati: Chesya Angeline Mangera
  • Koordinator Pembinaan: Timothy A. Lande
  • Divisi Acara:
  1. Briliana Tenri Raja
  2. Raynard Valere Ho
  • Subdivisi Creativity:
  1. Geraldine Terti Avissa
  2. Vania Chriestiana Putri Nugroho
  • Divisi Doa, Penginjilan, dan Pemerhati:
  1. Jennifer Kristian Mantiri
  2. Yehuda Surya Putra
  • Subdivisi Pemerhati:
  1. Alvaro Rajendra Putra Rachmadi
  2. Olivia Cherie Comeito
  • Sie Pembinaan:
  1. Johan Taruuziduhu Hulu
How to Join?

Tata cara untuk bergabung sebagai anggota Persekutuan Doa Yuris memiliki keunikan. Hal ini karena setiap Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Airlangga yang beragama Kristen Protestan secara otomatis telah terdaftar sebagai anggota dari Persekutuan Doa Yuris. Hal tersebut mengingat bahwa pada dasarnya Persekutuan Doa Yuris ingin merangkul seluruh Mahasiswa Kristen di Fakultas Hukum sebagai satu keluarga di dalam Tuhan.

Contact

Accredited by:
BAN PT FIBAA Logo AUN-QA

Member of:
 ASIAN LAW INSTITUTE International Association of Law School BKS-FH Asean University Network

Sustainable Development Goals MBKM kampus Merdeka
monash blue mulia
Jean Monnet Modules
.

Let's connect with Us!

Fakultas Hukum Universitas Airlangga
Jl.Dharmawangsa Dalam Selatan Surabaya 60286
Telp: +6231-5023151 Fax: +6231-5020454
e-mail: humas@fh.unair.ac.id

© Copyright. FH UNAIR. All Rights Reserved.

To Top