FAQ

FAQ

  1. Ada berapa Program Studi di FH UNAIR?

Saat ini Fakultas Hukum Universitas Airlangga mengelola empat program studi, yaitu: Program Studi Ilmu Hukum (S1), Program Studi Magister Ilmu Hukum, Program Studi Magister Kenotariatan, dan Program Studi Doktor Ilmu Hukum. Sebagai upaya internasionalisasi,

  1. Mengapa saya harus kuliah S1 di FH UNAIR?

Program Studi Ilmu Hukum (S1) telah mendapatkan sertifikasi ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA) pada 2016 dengan predikat better than adequate yang menunjukkan bahwa sistem penjaminan mutu penyelenggaraan akademik pada program studi telah dilaksanakan dengan baik dan memenuhi 15 kriteria AUN-QA. Selain itu FH UNAIR juga telah terakreditasi oleh FIBAA (Foundation for International Business Administration Accreditation).  Secara domestik, Prodi S1 FH UNAIR telah terakreditasi A dan peringkat tersebut tidak bergeser sekalipun selama beberapa periode, hal tersebut menunjukkan bahwa FH UNAIR selalu menjaga kualitas proses akademik secara berkelanjutan.

FH UNAIR juga memiliki jaringan internasional yang sangat luas dengan hampir 12 University Partners di kawasan Asia-Afrika, Eropa, dan Amerika.

Mata Kuliah di FH UNAIR juga diampu oleh dosen-dosen profesional dan berkualitas dimana 85% merupakan lulusan perguruan tinggi di Eropa dan Amerika. Sehingga eksplorasi ilmu hukum yang akan didapatkan oleh mahasiswa akan lebih kaya dan luas.

  1. Dimana lokasi FH UNAIR?

FH UNAIR berlokasi di Kampus B Universitas Airlangga yang terletak di Jalan Dharmawangsa Dalam Selatan, Surabaya

  1. Apakah Prodi S1 FH UNAIR memiliki Kelas Internasional?

FH UNAIR memiliki 2 (Dua) jenis kelas untuk Prodi S1, Kelas Reguler dan Kelas Internasional. Untuk informasi lebih detail silahkan mengunjungi halaman https://fh.unair.ac.id/in/pendidikan/program-sarjana-kelas-reguler/ dan https://fh.unair.ac.id/in/pendidikan/prodi/kelas-internasional/

  1. Dimana saya bisa melihat detail persyaratan untuk mendaftar di FH UNAIR?

Anda bisa mendapatkan info yang lengkap mengenai prosedur pendaftaran dan persyaratan melalui halaman http://www.ppmb.unair.ac.id/

  1. Apakah FH UNAIR memiliki program Double Degree?

Ya, saat ini FH UNAIR menjalin kerjasama dengan Maastricht University, Belanda dalam hal program double degree. Mahasiswa dapat memanfaatkan skema tersebut untuk memperkaya pengalaman dan keilmuan pada saat menjalankan studi di FH UNAIR.

  1. Apakah Mahasiswa di FH UNAIR bisa mendapatkan International Exposure?

FH UNAIR selalu memacu mahasiswa untuk berkarya dan memperkaya pengalaman studi mereka melalui banyak kegiatan. Salah satu yang ditekankan adalah memperoleh International Exposure dengan melakukan student exchange, international competition, summer programme, dan lain-lain. FH UNAIR mempunyai Faculty International Office yang membantu mahasiswa untuk mendapatkan international exposure tersebut.

  1. Bagaimana cara saya mengetahui updating kegiatan yang dilakukan FH UNAIR?

FH UNAIR memiliki sosial media yang dapat diakses secara luas oleh masyarakat, antara lain: Twitter (@fhunair), IG (fh.unair), dan jika mahasiswa ingin mengetahui kesempatan untuk mendapatkan International Exposure dapat melihat di IG (international.fhunair)

  1. Bagaimana metode pembelajaran di FH UNAIR?

FH UNAIR saat ini mengadopsi proses Problem Based Learning yang dikembangkan oleh Maastricht University.

Problem Based Learning merupakan metode pembelajaran yang mendorong siswa untuk mengenal cara belajar dan bekerjasama dalam kelompok untuk mencari penyelesaian masalah-masalah di dunia nyata. Simulasi real case digunakan untuk mengaktifkan keingintahuan siswa sebelum mulai mempelajari suatu subyek.

PBL menyiapkan siswa untuk berpikir secara kritis dan analitis, serta mampu untuk mendapatkan dan menggunakan secara tepat sumber-sumber pembelajaran. Dalam implementasinya, dosen-dosen di FH UNAIR telah mendapatkan pelatihan khusus langsung dari Maastricht University sehingga proses belajar mengajar akan diterapkan secara optimal.