NAWAKSARA

BSO LEMBAGA PERS MAHASISWA “NAWAKSARA”

NAWAKSARA

About Us

Istilah Pers berasal dari bahasa Belanda, dalam bahasa Inggris disebut Press. Secara harfiah, pers berarti media cetak atau publikasi secara dicetak. Sedangkan menurut Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Pasal 1 ayat (1) menjelaskan bahwa Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia

Banyaknya perkembangan isu mengenai bidang ekonomi, pendidikan, agama, sosial, maupun budanya baik itu dalam ranah regional, nasional, maupun internasional menuntut setiap lapisan masyarakat untuk mengikuti perkembangan terkait isu yang ada. Selain itu, cara  berpikir secara kritis serta dapat menyampaikan pendapat terkait hal tersebut juga sangat diperlukan untuk tetap mempertahankan keutuhan negara yang demokratis, baik itu secara lisan maupun tulisan. Maka, lembaga pers dapat menjadi media yang tepat.

Dalam lingkup mahasiswa, peran lembaga pers merupakan media yang cukup berpengaruh. Mahasiswa dianggap sebagai agent of change dituntut untuk tidak acuh terhadap perkembangan yang ada dalam lingkup kampus, nasional, maupun internasional. Para mahasiswa hendaknya dapat menyuarakan suara rakyat yang kerap kali diabaikan.

Universitas Airlangga tentu memerlukan wadah dimana para mahasiswa juga dapat ikut berpartisipasi dalam perkembangan yang ada, untuk menunjang terpenuhinya kebutuhan informasi dalam ranah kampus, nasional, maupun internasional, maka dibentuklah Badan Semi Otonom (BSO) yang bernama Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Nawaksara.

Lembaga Pers Mahasiswa “Nawaksara” didirikan sebagai wadah jurnalistik bagi mahasiswa untuk menyikapi terhadap perkembangan situasi nasional, regional, maupun internasional pada umumnya yang berkaitan pada hukum khususnya, baik bersifat akademis maupun non akademis. Lembaga Pers Mahasiswa “Nawaksara” didirikan pada hari Senin, tanggal 10 Januari 2010. Lembaga Pers Mahasiswa “Nawaksara” dibentuk berazaskan Pancasila. Nama Nawaksara sendiri diambil dari judul Pidato Ir. Soekarno pada tanggal 22 Juni 1966 dalam Sidang Umum ke-IV MPRS. Nawaksara tersebut beliau ambil dari kata “Nawa” yang berarti Sembilan dan “Asksara” yang berarti tulisan.

Visi
Mencetak mahasiswa menjadi insan pers yang mampu berpartisipasi dalam membangun nasional dan regional pada umumnya serta yang berkaitan dengan hukum pada khususnya sesuai dengan sendi-sendi jurnalistik yang berlandaskan moral Pancasila.

Misi

  1. Mendorong dan menumbuh kembangkan intelektualitas mahasiswa yang kritis dan dinamis dalam menganalisa situasi nasional dan regional dengan jurnalistik sebagai wilayah penerapannya.
  2. Menggalakan ruang-ruang diskusi sebagai wadah eksplorasi dan dialektika gagasan mahasiswa sebagai bentuk kritisasi terhadap situasi nasional dan regional melalui wadah jurnalistik.
  3. Mengembangkan tradisi jurnalistik yang berwatak berani, jujur, intelektualitas, dan integrasi dikalangan mahasiswa sehingga mampu mendorong terciptanya kristalisasi gagasan-gagasan yang kritis dan revolusioner dibidang jurnalistik sebagai bentuk tekanan ekstra parlementer terhadap perkembangan situasi nasional dan regional.

2021 Board

Ketua:  Christian Kenny G.

Sekretaris:  Diana Wulan Ningrum

Bendahara:  Muhammad Hafidz Rafiansyah

Wakabid Humas: Dewi Yugi Arti

 

Divisi Redaksi

Wakabid Redaksi: Donald Hamonangan Siregar

Anggota:

  1. Filbert Jonathan
  2. Vida Octrikasari Erianto
  3. Indri Adelia Putri
  4. Nabillah Nur Azizah
  5. Justisia Syahbani Alkahfi
  6. Muhammad Chaikal Ichwanul Muslim
  7. I Gede Dharma Mahendra
  8. Cantika Anugerahanani

 

Divisi Artistik

Wakabid Artistik: Muhamad Ridho

 

Anggota:

  1. Shinta Laura Federova
  2. Laksmana Noor Alluvian
  3. Rayhan Adhi
  4. Vigo

Our Activities

  1. Peringatan hari nasional maupun Internasional
  2. Pembuatan majalah PRAVDA
  3. Penyelenggaraan pelatihan jurnalistik (PENA)
  4. Musyawarah Akhir Tahun Nawaksara (MATN)
  5. Webinar

How to Join

Nama Diklat (PENA / Pelatihan JurNalistik)

Persyaratan:

  1. Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Airlangga
  2. Memiliki ketertarikan dan integritas tinggi terhadap bidang jurnalistik
  3. Mengikuti Diklat LPM Nawaksara dan mengerjakan semua tugas yang diberikan oleh panitia ( membuat narasi dan design tentang beberapa permasalahan )

Contact

Email: lpmnawaksarafhunair@gmail.com
Instagram: @nawaksara.pers
Twitter: @lpm_nawaksara
WordPress: lpmnawaksara