ILSA

ILSA CHAPTER UNIVERSITAS AIRLANGGA

ILSA

About Us

International Law Students Association Chapter Universitas Airlangga (ILSA Chapter UNAIR) adalah asosiasi mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Airlangga yang memiliki ketertarikan pada bidang hukum internasional publik dan hukum internasional privat. Organisasi ini memiliki headquarter di Washington D.C., Amerika Serikat dan juga terhubung dengan ILSA Chapter lain secara global, seperti di Brazil, Turki, dan Belanda. Tujuan ILSA secara umum, termasuk tujuan ILSA Chapter UNAIR adalah untuk mendukung perkembangan hukum internasional dengan memberikan kesempatan bagi mahasiswa hukum untuk belajar, riset, dan berjejaring dalam arena hukum secara internasional.

Lebih spesifik, ILSA Chapter UNAIR setiap tahunnya mengadakan berbagai kegiatan yang selaras dengan tujuannya, seperti perlombaan, diskusi akademis, hingga program berorientasi sosial lain. Melalui kegiatan tersebut, setiap anggota didorong untuk memiliki keberanian dalam berkomunikasi, berwawasan internasional, terampil secara profesional, dan berkesempatan untuk menggali hukum internasional dalam wadah kekeluargaan yang hangat.

Our Activities

Terdapat berbagai kegiatan yang kami adakan setiap tahunnya, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik, antara lain:

  • INTENTION (International Dispute Negotiation Competition)

Merupakan lomba negosiasi terkait isu internasional bagi mahasiswa yang pertama di Indonesia. Setiap peserta akan memperebutkan Piala Dr. (H.C.) Triyono Wibowo, yaitu mantan Wakil Menteri Luar Negeri RI dan mantan Perwakilan Tetap Indonesia untuk PBB, WTO, dan organisasi international di Jenewa, Swiss.

  • INTERNATION (ILSA International Moot Court Competition)

Ialah lomba peradilan semu hukum internasional yang diadakan untuk melatih mooters yang baru dalam mengawali karir mooting-nya di Indonesia. Setiap tahunnya, seluruh delegasi ditantang untuk menjadi pengacara bagi negara yang bersengketa di Mahkamah Internasional.

  • International Law Week (ILW)

Selama 1 (satu) minggu, ILSA Chapter UNAIR mengadakan kegiatan-kegiatan untuk memperkenalkan partisipan dalam bidang hukum internasional dan mempersiapkan untuk menghadapi globalisme, antara lain sub-acara yang ada adalah Seminar Nasional, Study Visit, dan IELT Preparation

  • ALTRUILSA Charity Program

Program ini adalah bentuk tanggung jawab sosial ILSA Chapter UNAIR yang dilakukan dengan membantu UMKM dalam mempromosikan produknya melalui media sosial.

  • ILSA Teleconference: Gathering of ILSA Chapters

Pada kesempatan ini, ILSA Chapter UNAIR menginisiasi hubungan dengan ILSA Chapter di kota lain dan negara lain untuk mendiskusikan perkembangan ILSA sebagai organisasi dunia, dan mendiskusikan isu-isu hukum internasional yang sedang ada.

  • A Certiorari: Annual Conference and Training

Adalah kegiatan konferensi dan pelatihan keterampilan hukum bagi mahasiswa hukum dengan mengundang pembicara yang telah mahir pada bidangnya, seperti dalam hal pelaksanaan due diligence sebagai international corporate lawyer.

  • Saturday Night with ILSA Alumni

Acara ini menjadi wadah bagi anggota ILSA Chapter UNAIR dan mahasiswa hukum untuk terhubung dengan alumni ILSA untuk saling berbagi mengenai berbagai hal, contohnya mengenai cara mendapatkan beasiswa S2 di luar negeri, mengenai pekerjaan hukum dan non-hukum yang dapat diambil, dan lain-lain.

  • Monthly Trivia!

Secara konsisten, ILSA Chapter UNAIR membuat konten-konten menarik pada media sosial untuk hal-hal terkait hukum internasional agar menaikkan kesadaran netizen mengenai isu hukum di dunia.

  • IMCC (International Moot Court Competition) Internal Class

Untuk meningkatkan kemampuan riset dan advokasi mahasiswa FH UNAIR, IMCC Internal Class memberikan pelatihan mengenai cara riset dan advokasi yang dapat diaplikasikan ketika ingin mengikuti kompetisi peradilan semu internasional.

  • Asian International Arbitration Centre YPG Workshop

Melalui jalinan kerja sama dengan AIAC YPG Malaysia, ILSA Chapter UNAIR memberikan workshop bagi mahasiswa hukum terkait arbitrase komersial sebagai salah satu penyelesaian sengketa alternatif yang banyak dipilih pebisnis. Workshop ini membahas mengenai mekanisme arbitrase komersial internasional, perjanjian arbitrase, hingga sistem award enforcement.

 

Di samping itu, terdapat pula kegiatan internasional yang telah diikuti oleh anggota-anggota ILSA Chapter UNAIR, antara lain:

  • Philip C. Jessup International Law Moot Court Competition
  • International Humanitarian Law Moot Court Competition
  • Foreign Direct Investment International Arbitration Moot Competition
  • AIAC Pre-Moot of Willem C. Vis International Commercial Arbitration Moot Competition
  • International Maritime Law Arbitration Moot Competition
  • ILSA Headquarter’s International Law Weekend

Awards

Sebagai salah satu organisasi yang berorientasi pada akademik, delegasi yang dinaungi dan didukung oleh ILSA Chapter UNAIR telah mendapatkan berbagai penghargaan, antara lain:

  • National Champion of the 2020 Philip C. Jessup IMCC, National Rounds
  • Alona E. Evans Awards Recipient of the 2020 Philip C. Jessup IMCC, International Rounds
  • 4th Ranked Team in 2020 Foreign Direct Investment Arbirtation Moot Competition, Global Rounds
  • 1st Runner Up of the 2019 Philip C. Jessup IMCC, National Rounds
  • 3rd Best Memorial of the 2019 Philip C. Jessup IMCC, National Rounds
  • Octo-finalist of the 2019 Philip C. Jessup IMCC, International Rounds
  • 4th Best Written Memoranda of the 2019 International Maritime Law Arbitration Moot Competition, Global Rounds
  • 4th Rank of Memorial Submission and Quarter Round of the 2018 International Humanitarian Law Moot, National Rounds
  • Overall Runner-up Written Memoranda Award and the Encouragement Award of the 2018 International Maritime Law Arbitration Moot Competition, Global Rounds
  • The Champion of the 2017 International Humanitarian Law Moot, National Rounds

2021 Board

How to Join?

Untuk bergabung bersama ILSA Chapter UNAIR, salah satu cara utamanya adalah dengan mengikuti Diklat ILSA yang bernama “ILSA’s Course for Jurists” atau sering disebut “ICJ”. Jika Anda merupakan mahasiswa aktif FH UNAIR dan memiliki ketertarikan pada bidang hukum internasional, baik publik maupun privat, maka Anda adalah orang yang tepat!

Contact

Email: ilsachapterunair@gmail.com
Instagram: @ilsachapterunair
LinkedIn: International Law Students Association Chapter Universitas Airlangga
Official Account LINE: @ayo9595p
Youtube: ILSA Chapter UNAIR