Airlangga Students Outbound Programme

Airlangga Students Outbound Programme

International Exchange Program
Visiting Lecturer Series
International Office

Universitas Airlangga melalui IOP dan Direktorat Pendidikan membuka kesempatan kepada mahasiswa program studi sarjana, magister, dan doktoral untuk mengikuti program pertukaran pelajar di beberapa universitas yang tergabung dalam ASEAN+3 UNet Member Universities (http://www.aunsec.org/membership.php) dan beberapa Universitas di Eropa yang mempunyai MOU/MOA. Melalui program ini, mahasiswa Universitas Airlangga diharapkan mendapatkan wawasan baru, pengalaman studi secara internasional, dan  memperluas jejaring persahabatan. Mahasiswa dapat memilih beberapa skema kegiatan dalam program ini, yaitu:

  1. Credit Earning/ Credit Transfer

Mahasiswa mengambil beberapa mata kuliah di universitas tujuan, dan hasil studi yang diperoleh mata kuliah tersebut dapat ditransfer dan diakui di Universitas Airlangga.

  1. Penelitian dalam rangka penyusunan skripsi/ tesis/ disertasi

Mahasiswa yang sedang menempuh penyusunan skripsi/ tesis/ disertasi dapat melaksanakan sebagian kegiatan penelitiannya di universitas tujuan di bawah bimbingan seorang supervisor, kemudian kembali ke Universitas Airlangga dan menyelesaikan hasil penelitiannya untuk diuji sebagai syarat kelulusan.

  1. Internship

Melalui skema kegiatan ini, mahasiswa mengikuti program pemagangan yang diselenggarakan oleh universitas tujuan.

  1. Community development

Mahasiswa dapat mengikuti program pengabdian kepada masyarakat (community development) yang diselenggarakan oleh universitas tujuan.

Bagi mahasiswa yang berminat diharapkan dapat mengakses informasi mengenai universitas tujuan melalui laman universitas masing-masing untuk merencanakan kegiatan. Program berlangsung minimal selama tiga bulan dan paling lama satu semester.

Persyaratan untuk mengikuti program ini adalah:

  1. Mahasiswa aktif Universitas Airlangga;
  2. Bersedia tinggal di negara universitas tujuan minimal tiga bulan s.d. satu semester (sesuai program yang diambil).
  3. Minimal telah menempuh semester 3 (untuk mahasiswa S1), semester 2 (untuk mahasiswa S2), atau sedang dalam penyusunan disertasi (untuk mahasiswa S3);
  4. IP Kumulatif minimal 3,00;
  5. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat ELPT/ TOEFL minimal 500, atau IELTS 5,5 yang masih berlaku;
  6. Mengisi dan menandatangani formulir aplikasi dan melengkapi persyaratan administrasi.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Unit Urusan Internasional u.p. Bpk Adhy Riadhy LL.M. (Adv.) (Departemen Hukum Internasional) atau Ibu W. Dian Pawestri, S.H., M.H. (Departmen Hukum Perdata) di hari dan jam kerja.

Download:

Formulir Aplikasi

Humas (10/8/2016) | FH UNAIR