Internship (Internal)

Internship (Internal)

Praktik Kerja Lapangan (PKL) sebagai bagian dari kurikulum merupakan kewajiban yang harus ditempuh oleh mahasiswa fakultas hukum UNAIR. Adapun tujuan dari PKL yaitu dalam rangka penyelenggaraan pendidikan hukum yang berorientasi untuk membentuk lulusan menjadi yuris profesional. Dengan adanya program PKL bagi mahasiswa, diharapkan tidak hanya memiliki kemampuan penguasaan teoritis dan dogmatis hukum saja, namun juga mempunyai bekal kemampuan teknis yuridis untuk mengasah dan memperkuat kemampuan praktis.

Program PKL mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum memiliki tujuan utama sebagai berikut:

  1. Memberikan pengalaman bekerja kepada mahasiswa untuk memperluas wawasan mahasiswa mengenai dunia kerja di bidang hukum;
  2. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempraktikkan ilmu dan pengetahuan di bidang hukum (teori dan dogmatik hukum) untuk memecahkan persoalan-persoalan hukum yang ditemui di institusi tempat PKL dan masyarakat;
  3. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperoleh pengalaman dunia kerja praktik hukum di institusi tempat PKL untuk mengembangkan kompetensinya;
  4. Meningkatkan legal skill, kompetensi hukum mahasiswa dalam mengetahui dan memahami tugas serta fungsi tempat instansi PKL, kemampuan mengidentifikasi dan memecahkan masalah hukum dengan tepat;
  5. Mengasah soft skill mahasiswa untuk mempersiapkan diri menjadi lulusan yang siap bersaing di dunia kerja sesuai dengan bidang keahlian serta memiliki kemampuan manajerial dan teknis yang memadai.

Standar dalam penyelenggaraan PKL bagi mahasiswa dan instansi tempat PKL mengikuti acuan dalam buku pedoman PKL Program Studi S1 Ilmu Hukum.

PKL Internal: adalah praktik kerja lapangan yang menjadi bagian mata kuliah wajib di FH UNAIR, dengan bobot kredit 3 SKS. PKL internal diselenggarakan di unit-unit, pusat studi, bagian dibawah naungan FH UNAIR. PKL internal dikoordinatori oleh Ketua Departemen FH UNAIR.

Download

Profil Tempat Magang Internal 2021

UNIT KONSULTASI DAN BANTUAN HUKUM (UKBH) FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS AIRLANGGA

Profil Singkat

UKBH berdiri sejak era 70-an merupakan salah satu bantuan hukum Kampus tertua yang menyediakan layanan konsultasi dan bantuan hukum kepada pihak yang memerlukan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Segmentasi utama layanan ditujukan kepada kelompok marjinal dan pihak-pihak dengan kemampuan ekonomi lemah. UKBH juga terbuka dalam pendampingan dan layanan dengan advokat yang terikat kerjasama. Jenis layanan UKBH meliputi konsultasi hukum serta pendampingan hukum baik secara litigasi maupun non-litigasi. Lebih lanjut, UKBH juga melakukan pelatihan-pelatihan yang terkait dengan advokasi dan keparalegalan. Selain itu, UKBH merupakan unit yang terintegrasi dengan pengembangan kurikulum legal clinic yang menyediakan ruang bagi pemagangan mahasiswa.

Info Pemagangan

Syarat khusus: telah menempuh mata kuliah hukum acara (diutamakan Hukum Acara Pidana, Hukum Acara Perdata, Hukum Acara Pengadilan Tata Usaha Negara)

Kuota: 15 mahasiswa

Aktifitas dan Output Magang

Membuat dokumen Hukum, melakukan interview terhadap klien dan melakukan pendampingan klien/bantuan hukum litigasi/non litigasi

Kontak

Lt.1 Gedung LPHK Fakultas Hukum Universitas Airlangga
081230983222

AIRLANGGA CENTER FOR LEGAL DRAFTING AND PROFESSIONAL DEVELOPMENT (ALC)

Profil Singkat

ALC adalah unit pelaksana di bawah Fakultas Hukum Universitas Airlangga yang melaksanakan dan mengkoordinasikan layanan perancangan hukum dan pendidikan hukum berkelanjutan (continuing legal education). Kegiatan ini didukung oleh akademisi hukum yang kompeten di bidangnya untuk memberikan layanan dalam perancangan peraturan dan perancangan kontrak, sementara itu pendidikan hukum berkelanjutan dilaksanakan dalam format pelatihan yang menggabungkan pengetahuan dan keterampilan di bidang hukum

Aktivitas dan Output Magang

mengikuti business process ALC, mengikuti program-program yang telah dirancang oleh ALC, terlibat dalam pemberian jasa layanan yang menjadi ruang lingkup ALC. Peserta magang menghasilkan/membuat konten website dan sosial media, membuat proposal penawaran jasa hukum, mengelola penyelenggaraan pelatihan dan seminar, menghasilkan dokumen hukum (contract drafting, legal drafting, legal opinion).

Kontak

Lt.1 Gedung LPHK Fakultas Hukum Universitas Airlangga

Email: alc@fh.unair.ac.id

Instagram: https://www.instagram.com/alc.fhunair/

Laman: https://fh.unair.ac.id/alc/

PUSAT STUDI KONSTITUSI DAN KETATAPEMERINTAHAN/PSKK

Profil Singkat

PSKK melakukan pengkajian dan penelitian, pengembangan akademik serta pengabdian pada masyarakat terutama terkait dengan isu-isu hukum konstitusi, sistem ketatanegaraan dan ketetapemerintahan. Tujuan PSKK adalah untuk memberikan kontribusi bagi upaya-upaya pembaharuan ketatanegaraan dan ketatapemerintahan; Membangun dinamika akademik; Mengembangan jejaring untuk kontribusi bagi dan pengembangan jejaring akademik untuk pengembangan akademik dosen. 

Aktifitas dan Output Magang

Melakukan penelitian bersama para Dosen; Melakukan riset-riset untuk memperdalam materi yang akan diteliti; Membantu membuat buku ajar di Bagian HTN

Kuota: 5 Mahasiswa

Kontak

PUSAT STUDI HAK ASASI MANUSIA (Center of Human Rights Law Studies, HRLS)

Profil Singkat

HRLS didirikan sejak 2009 dengan misi melakukan promosi hukum HAM melalui pendidikan hukum kritis; Memberdayakan metodologi pembelajaran HAM dan penelitian melalui metode partisipatif untuk mengubah kebijakan politik ekonomi; dan Membangun jejaring strategis untuk memajukan kebijakan HAM di tingkat lokal, nasional dan internasional. Pengkajian dilakukan baik secara berkala, maupun dalam kuliah-kuliah tamu. Kajian diarahkan pada isu yang sinergi dengan penelitian dan pengabdian masyarakat, sehingga menjadi satu kesatuan untuk pembaruan hukum HAM yang lebih progresif. Pengabdian kepada masyarakat diarahkan untuk memberikan respon terhadap persoalan nyata di masyarakat. Dimensinya paling sederhana dalam bentuk diseminasi dan bentuk lainnya berupa penyuluhan dan advokasi.

Aktivitas dan Output Magang

Melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat bersama para peneliti HRLS; Menjadi narasumber dalam ARF Week Series; menghasilkan artikel ilmiah; menghasilkan tulisan opini/artikel di media massa; menghasilkan tulisan berita (reporting) kegiatan yang diselenggarakan HRLS; menjadi organizer webinar/seminar/diskusi publik HRLS; menghasilkan konten video/podcast/website/IG HRLS.

Kuota: 5 Mahasiswa

Kontak

Lt.1 Gedung LPHK Fakultas Hukum Universitas Airlangga
Email: hrls@fh.unair.ac.id
Instagram: https://www.instagram.com/humanrightslawstudies/
Laman: https://fh.unair.ac.id/hrls/

AIRLANGGA INSTITUTE FOR INTERNATIONAL LAW STUDIES (AIILS)

Profil Singkat

AIILS didirikan sejak 2016. AIILS merupakan suatu gabungan dari beberapa pusat kajian yang fokus pada bidang keilmuan hukum internasional dan masalah-masalah terkait yaitu terdiri dari:

  1. Centre for Maritime and Ocean Law Studies (MAROCLAW)
  2. Centre for Air and Space Law Studies
  3. Unit Kajian Perlindungan WNI dan BHI
  4. Centre for Law and Technology Studies
  5. Centre for Nuclear Law Studies
  6. Centre for International Trade Law Studies

AIILS sebagai pusat kajian juga memberikan layanan jasa dan bantuan yang meliputi tetapi tidak terbatas pada diskusi publik, naskah akademik, legal opinion, legal brief, dan bentuk kegiatan akademik lainnya, seperti penelitian mandiri, kerjasama riset lainnya dan pengabdian masyarakat.

Aktifitas dan Output Magang

Menyusun policy brief; membantu penyelenggaraan webinar series, membuat podcast, MOOC dibidang HI; Menulis artikel untuk jurnal internasional (indeks scopus) bersama-sama dosen minat HI sebidang ilmu.

Kuota:15 Mahasiswa

Kontak

Bagian HI – Gedung A Lt.2 R.212 Fakultas Hukum Universitas Airlangga
Email: aiils@fh.unair.ac.id
Laman: https://fh.unair.ac.id/aiils/

PUSAT KAJIAN MITRA OTONOMI DAERAH (MODA)

Profil Singkat

Pusat Kajian Mitra Otonomi Daerah adalah salah satu pusat kajian yang ada di fakultas hukum yang fokus melakukan pengkajian terhadap kebijakan otonomi daerah dan regulasi yang mendukung terkait pelaksanaan otonomi daerah. Adapun kegiatan yang telah dilakukan Pusat Kajian Otonomi Daerah sampai dengan saat ini adalah pengkajian kebijakan pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya yang dituangkan dalam diskusi (webinar), penelitian dan pengabdian masyarakat.

Aktivitas dan Output Magang

membantu dosen pembimbing dalam melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat, atau membuat kajian akademik terkait kebijakan pemerintah daerah, atau melakukan drafting Peraturan Daerah yang selanjutnya capaian tersebut dituangkan dalam bentuk laporan secara tertulis.

Kuota: 8-10 Mahasiswa

Kontak

KLINIK LINGKUNGAN

Profil Singkat

Klinik lingkungan ini adalah salah satu klinik hukum yang ada di fakultas hukum selain klinik anti korupsi. Klinik lingkungan ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendalami kuliah hukum lingkungan secara praktis dengan mengikuti beberapa kegiatan untuk meningkatkan kepedulian dan kapasitas di bidang hukum lingkungan.

Aktivitas dan Output Magang

klinik lingkungan mengadakan kegiatan lingkungan di kampus, bekerjasama dengan NGO dan pemerintah terkait pengamatan kali Surabaya dan beberapa kegiatan luar yang lain. Dari kegiatan kegiatan tersebut, diharapkan mahasiwa semakin kritis dan memberikan sumbangsih keilmuannya kepada masyarakat dan berkontribusi bagi pengembangan hukum dan hukum lingkungan, selain itu capaian utama dari Klinik Lingkungan adalah membantu dosen pembimbing dalam pembuatan modul pembelajaran problem based learning atau buku ajar untuk mata kuliah Klinik Lingkungan.

Kuota: 8-10 Mahasiswa

Kontak

Gedung LPHK Fakultas Hukum Universitas Airlangga
Franky Butar Butar, S.H., M.Dev.Prac., LL.M
Email: franky@fh.unair.ac.id

KLINIK ANTI KORUPSI

Profil Singkat

Klinik Anti Korupsi ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendalami kuliah hukum anti korupsi secara praktis. Secara umum, pelaksanaan klinik hukum dibagi menjadi 3 (tiga) bagian dimana pada 3 kali pertemuan awal (15%), mahasiswa peserta magang pada klinik Anti-korupsi  melaksanakan perkuliahan klasikal untuk mendapatkan pembekalan mengenai teknik pendampingan dan observasi lapangan (analisa sosial) mengenai faktor-faktor penyebab Korupsi, modus operandi, dan dampak korupsi pada masyarakat. Pada pembekalan ini mahasiswa dilatih untuk menguasai soft skill yang dibutuhkan sebagai seorang profesional hukum, seperti pelatihan teknik wawancara, ansos, teknik analisa putusan, dan legal problem solving skill, dsb. Setelahnya, mahasiswa baru terjun melaksanakan observasi lapangan (di lokasi yang telah ditentukan dengan dosen pembimbing magang) untuk mengaplikasikan materi yang telah didapatnya selama pembekalan. Dalam perkuliahan magang pada klinik Anti-korupsi, observasi lapangan menjadi komponen utama dalam perkuliahan klinik hukum (55%).

Aktivitas dan Output Magang

Menjalankan observasi lapangan dan eksaminasi putusan pengadilan tindak pidana korupsi; Mengikuti perekaman persidangan tindak pidana korupsi; Kegiatan riset yang bertujuan untuk melibatkan mahasiswa dalam mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang berperan dalam penegakan hukum dan nampu memberikan solusi berkaitan dengan pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi yang efektif, berdasarkan riset lapangan dan analisa putusan di pengadilan tindak pidana korupsi. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk menentukan objek kajian, setelah sebelumnya berkonsultasi dengan dosen yang ditunjuk sebagai penanggungjawab klinik Anti-korupsi, dan akan dilakukan pembimbingan dalam pembuatan jurnal hasil observasi pemagangan yang nantinya akan menjadi acuan penilaian pemagangan.

Kuota: 12 Mahasiswa

Kontak

Gedung LPHK Fakultas Hukum Universitas Airlangga
Iqbal Felisiano, S.H., LL.M
Email: iqbal@fh.unair.ac.id

BAGIAN HUKUM PIDANA

Profil Singkat

Bagian Hukum Pidana merupakan pengelola sumber daya dosen dan mata kuliah pada bidang rumpun hukum pidana serta minat studi hukum pidana pada jenjang S1, S2 dan S3 pada Fakultas Hukum Universitas Airlangga. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, teknologi, sarana, dan globalisasi menuntut Bagian Pidana untuk lebih bersifat responsif, adaptif, dan inovatif terhadap segala perkembangan ilmu yang terjadi khususnya dalam lingkup global dan regional. Sebagai pengelola sumber daya manusia, Bagian Pidana memiliki 15 dosen yang mempunyai kompetensi dalam bidang ilmu hukum pidana.

Aktifitas dan Output Magang

Magang sebagai asisten dosen pada mata kuliah tertentu ini dilaksanakan selama 1 (satu) semester dengan bobot kredit 2 (dua) SKS sesuai kurikulum Fakultas Hukum Universitas Airlangga. Magang asisten dosen pidana ini merupakan magang pada mata kuliah, maka penunjukan pembimbing dilakukan oleh Bagian. Terdapat 1 (satu) mata kuliah yang ditawarkan dalam program magang, yaitu HUKUM PIDANA ANAK. Selama program magang mahasiswa wajib menjadi tutor PBL dalam kelas hukum pidana anak; Menjalankan progam-progam yang diberikan oleh tim teaching Hukum Pidana Anak berupa Asistensi pembuatan buku ajar hukum pidana anak, asistensi pembuatan database ringkasan/kompilasi kasus anak berhadapan dengan hukum, asistensi pembuatan video bahan ajar dengan topik perlindungan hukum anak yang berhadapan dengan hukum. Informasi lebih lengkap silahkan unduh disini.

Kuota: 4 Mahasiswa

Kontak

Bagian Hukum Pidana – Gedung A Lt.2 Fakultas Hukum Universitas Airlangga
Email: pidana@fh.unair.ac.id

BAGIAN HUKUM INTERNASIONAL

Profil Singkat

Bagian Hukum Internasional (HI) merupakan pengelola sumber daya dosen dan mata kuliah pada bidang rumpun hukum internasional serta minat studi hukum internasional pada jenjang S1, S2 dan S3 pada Fakultas Hukum Universitas Airlangga. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, teknologi, sarana, dan globalisasi menuntut Bagian HI untuk lebih bersifat responsif, adaptif, dan inovatif terhadap segala perkembangan ilmu yang terjadi khususnya dalam lingkup global dan regional. Sehingga, pengembangan kapasitas sumber daya, kurikulum, metode pembelajaran dan keilmuan menjadi sebuah keharusan bagi setiap anggota Bagian HI untuk mendukung proses belajar mengajar demi tercapainya tujuan pembelajaran dengan baik.

Aktivitas dan Output Magang

Bentuk program magang atau praktek kerja di Bagian HI berupa magang sebagai asisten dosen pada mata kuliah yang telah ditentukan oleh Bagian HI. Magang sebagai asisten dosen pada mata kuliah tertentu ini dilaksanakan selama 1 (satu) semester dengan bobot kredit 2 (dua) SKS sesuai kurikulum Fakultas Hukum Universitas Airlangga. Magang asisten dosen HI ini merupakan magang pada mata kuliah, maka penunjukan pembimbing dilakukan oleh Bagian. Terdapat 3 (tiga) mata kuliah yang ditawarkan dalam program magang, yakni: 1. Hukum Internasional (4 SKS) 2. Hukum Perdagangan Internasional (4 sks) 3. Hukum Laut (2 SKS). Selama magang di Bagian HI, mahasiswa sebagai asisten dosen dan menjalankan tugas-tugas yang diberikan di Bagian HI khususnya mata kuliah yang dituju; mengerjakan pekerjaan administratif dan akademik yang menjadi bagian dari program magang. Informasi lebih lengkap silahkan unduh disini.

Kuota: 5 Mahasiswa

 

Kontak

Bagian HI – Gedung A Lt.2 R.212 Fakultas Hukum Universitas Airlangga

Email: international.law@fh.unair.ac.id

FACULTY INTERNATIONAL OFFICE (FIO)

Profil Singkat

Faculty International Office (FIO) merupakan unit kerja yang bertugas membantu menjalankan urusan internasional Fakultas Hukum Universitas Airlangga. Unit ini didirikan sejak tahun 2016 dengan tujuan mengembangkan mobility dan membangun brand image fakultas pada level dunia sesuai dengan kebijakan internasionalisasi pada tingkat universitas. Sebagai unit kerja fakultas tugas dan fungsi FIO adalah sebagai unit pendukung organisasi fakultas secara administratif untuk mendukung pencapaian visi dan misi pada bidang internasionalisasi.

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya FIO memiliki sumber daya yang berkompeten serta didukung oleh tenaga magang untuk membantu menjalankan operasional serta urusan administrasi unit. 

Info Pemagangan

Sejalan dengan adanya program pemagangan mahasiswa yang sifatnya wajib dengan bobot dua (2) sks sesuai dengan Kurikulum Fakultas Hukum Universitas Airlangga 2020. Program magang atau praktik kerja yang ditawarkan oleh FIO merupakan magang kerja untuk membantu menjalankan tugas dan fungsi unit. Kesempatan ini hanya terbatas diberikan kepada mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Airlangga yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh fakultas.

Magang sebagai asisten dosen pada mata kuliah tertentu ini dilaksanakan selama 1 semester dengan bobot kredit dua (2) sks selama satu semester sesuai kurikulum Fakultas Hukum Universitas Airlangga. Magang atau praktik kerja pada unit FIO merupakan magang menjadi tenaga magang dengan tugas pokok membantu menjalankan operasional unit.

Persyaratan:

Bagi mahasiswa yang mengikuti program ini diharuskan untuk memenuhi Persyaratan persyaratan umum dan khusus yang telah. Persyaratan umum adalah persyaratan yang ditetapkan oleh Fakultas Hukum Universitas Airlangga yang harus dipenuhi oleh mahasiswa berdasarkan buku pedoman akademik. Sementara, persyaratan khusus merupakan persyaratan yang ditetapkan oleh FIO yang harus dipenuhi oleh calon pemagang. Persyaratan khusus tersebut antara lain :

  1. Menyerahkan curriculum vitae (CV) singkat disertai foto kepada FIO;
  2. Berkemampuan komunikasi dalam Bahasa Inggris dengan baik, dan mampu berkerjasama dengan tim;
  3. Bersedia bekerja magang dan menjalankan tugas-tugas yang diberikan;
  4. Bersedia mengerjakan pekerjaan administratif yang menjadi tugas dari program FIO;
  5. Bersedia bekerja sama dengan mahasiswa magang lainnya sebagai team work dengan arahan ketua dan/atau sekretaris FIO.

 

Kuota & Seleksi:

Kuota untuk program magang FIO adalah 5 orang. Mekanisme rekrutmen dan seleksi dilaksanakan oleh unit secara jujur dan terbuka sesuai ketentuan yang berlaku. Apabila kandidat yang mendaftar pada program ini melebihi kuota yang ditetapkan akan dilaksanakan proses seleksi yang menjunjung tinggi nilai-nilai tranparansi, keadilan dan kejujuran.

Aktifitas dan Output Magang

Selama melakukan magang atau kerja praktik pada unit, mahasiswa memiliki tugas untuk membantu tugas operasional dan administratif FIO. Pelaksananaan dan pembagian tugas akan dibimbing oleh ketua dan/atau sekretaris unit. Selain itu, mahasiswa magang diharuskan untuk dapat bekerja dalam teamwork, dikarenakan mata kuliah yang ditawarkan dalam program merupakan mata kuliah yang diampu secara team teaching.

Tugas pemagang antara lain:

  1. Membantu operasional sosial media unit;
  2. Membantu urusan adminsitrasi unit;
  3. Membantu adminstrasi staff mobility;
  4. Membantu adminstrasi student mobility;
  5. Membantu kegiatan kuliah tamu;

Selain melaksanakan tugas yang telah ditetapkan, mahasiswa magang juga diwajibkan untuk membuat progress report tiap sebulan sekali yang diserahkan pada ketua dan/atau sekretaris unit. Kemudian, pada akhir periode semester, mahasiswa juga diharuskan membuat laporan akhir sebagai salah satu komponen penilaian magang sesuai arahan pembimbing magang.

Kontak

KOORDINATOR KEMAHASISWAAN DAN ALUMNI (KMA)

Profil singkat

Koordinator keMahasiswaan dan Alumni adalah bidang tugas baru di Fakultas Hukum UNAIR. Tugas utama dalam bidang ini adalah urusan yang berkaitan dengan kemahasiswaan dan alumni. Dalam bidang kemahasiswaan, KMA berkoordinasi dengan Sub Bagian Kemahasiswaan, BEM, BLM, BSO, dan Mahasiswa-mahasiswa lainnya. Selain itu, KMA menjalin kerjasama dengan Alumni dalam beberapa bidang, dimulai dengan program  Kelas Alumni dan  PKL eksternal.

Aktivitas dan output magang

Mahasiswa selama melakukan PKL di KMA akan dibimbing langsung oleh KMA dengan melakukan tugas utama yaitu membantu kerja operasional KMA.  Aktivitas pemagangan terbagi menjadi 2 kelompok dengan aktivitas dan output masing-masing, yaitu:

  1. Editor buku ber-ISBN

Mahasiswa, bersama dengan KMA, bertugas sebagai editor untuk 3 (tiga) buku yang akan ditulis oleh mahasiswa-mahasiswa. Tiap buku membutuhkan 2 (dua) mahasiswa sebagai editor. Editor bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan para penulis buku, mengkoleksi tulisan-tulisan dari para penulis dan menyusunnya dalam bentuk buku ber-ISBN.

Output: 3 (tiga) buku ber-ISBN

Kuota: 6 (enam) mahasiswa

  1. Koordinator Kelas Alumni

Kelas Alumni akan dilakukan 6 (enam) kali dalam 1 (satu) semester. Usulan mengenai Alumni sebagai pemateri, mata kuliah, dan topik perkuliahan diajukan oleh 6 (enam) Bagian bidang ilmu di FH UNAIR.

Selanjutnya, Mahasiswa mengurus hal-hal terkait kegiatan Kelas Alumni seperti penyusunan jadwal 6 (enam) sesi Kelas Alumni dan membuat short legal review dari topik-topik dalam Kelas Alumni.

Output: short legal review dari 6 (enam) sesi Kelas Alumni

Kuota : 4 (empat) mahasiswa

Kontak

PUSAT KAJIAN KEKAYAAN INTELEKTUAL (PKKI)

Profil Singkat

Pusat Kajian Kekayaan intelektual Fakultas hukum Universitas Airlangga (PKKI) adalah bentuk penyegaran dan penyempurnaan dari Unit Sentra Hak Kekayaan Intelektual (Sentra HKI) yang telah ada saat ini. Dengan disetujuinya proposal pendirian PKKI, diharapkan dapat menggantikan Sentra HKI yang telah ada. Berbeda dengan Sentra HKI, PKKI merupakan pusat kajian yang beranggotakan para dosen dari lintas departemen. Hal yang demikian ini akan memungkinkan pengembangan keilmuan dan penerapan keilmuan terkait Kekayaan Intelektual lebih maksimal.

PKKI beranggotakan orang-orang yang kompeten dan pakar dibidang KI dan keilmuan lain yang mendukung pengembakan kajian tentang KI. Dengan adanya perubahan keorganisasian dan keanggotaan, PKKI diharapkan mampu menjadi pusat kajian di Fakultas Hukum Universitas Airlangga yang selalu seiring sejalan dengan pencapaian visi, misi dan tujuan dari Fakultas dan Universitas. Selain itu, PKKI diharapkan menjadi pusat kajian yang senantiasa mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bertujuan untuk turut serta dalam pengembangan dunia kreativitas dan penelitian yang inovatif di Indonesia melalui perlindungan hukum di bidang KI.

Ruang Lingkup Kegiatan

PKKI Mempunyai aktivitas layanan sebagai berikut:

  1. Melakukan penelitian terkait KI ;
  2. Mengadakan sosialisasi KI dengan harapan agar semua komponen mesyarakat mengetahui potensi perlindungan atas karya cipta, kreasi dan penelitiannya;
  3. Membuat perancangan (drafting) paten dan desain tata letak sirkuit terpadu;
  4. Membantu konsep-konsep perjanjian lisensi KI dan bentuk kerjasama komersil lainnya;
  5. Konsultasi KI;
  6. Pedampingan perolehan hak KI;
  7. Melaksanakan Pendidikan Konsultan KI

Aktivitas dan Output Magang

Persayaratan

  1. Mahasiswa mengirimkan CV kepada Ketua Pusat Studi
  2. Dilakukan wawancara singkat untuk mengetahui kompetensi dan minat mahasiswa
  3. Penentuan kelayakan mahasiswa untuk ikut program magang

Program dan Keluaran Bagi Peserta Magang

  1. Melakukan penelitian bersama para Dosen
  2. Melakukan riset-riset untuk memperdalam materi yang akan diteliti
  3. Mendukung dan membantu kegiatan-kegiatan PKKI seperti welaksanakan webinar, melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dan pendampingan konsultasi KI
  4. Membantu pembuatan website
  5. Membantu pembuatan konten-konten kreatif terkait tema KI

Tata cara pelaporan dan Evaluasi

  1. Di awal semester akan dilakukan rapat koordinasi antara anggota PKKI dan mahasiswa yang dinyatakan lolos dalam program magang
  2. Selanjutnya setelah dilakukan pembagian tugas, setiap bulan mahasiswa harus melaporkan progress tugas yang diberikan dalam program magang kepada Dosen yang ditunjuk

 Kuota Mahasiswa

Jumlah mahasiswa yang diterima dalam program magang berjumlah 10 mahasiswa/semester

Durasi

Dilakukan selama 1 atau 2 semester

Dosen Pembimbing

Dosen yang merupakan anggota PKKI

Kontak

Ria Setyawati, S.H., M.H., LL.M

Email: ria@fh.unair.ac.id

Laman: https://fh.unair.ac.id/kekayaan-intelektual/

LAW BOOK STORE

Profil Singkat

Visi, Misi, dan Tujuan Pusat Studi

  1. Visi

Menjadi pusat penjualan buku-buku hukum di Surabaya – Jawa Timur, sebagai tempat bagi mahasiswa, dosen dan anggota masyarakat lainya (Polisi, Jaksa, Hakim, Notaris) bisa mendapatkan buku-buku hukum yang diinginkannya.

  1. Misi

Untuk mewujudkan visi tersebut, disusun misi sebagai berikut:

  • Membina kerja sama dengan sebanyak mungkin penerbit yang menerbitkan buku bidang hukum;
  • Membina kerja sama dengan semua pihak di Fakultas Hukum Universitas Airlangga, baik itu dosen maupun mahasiwa yang karya tulisnya telah diterbitkan, untuk mendapatkan ijin penggandaan buku ajar, modul dan bentuk-bentuk lainnya demi mendukung proses kegiatan belajar mengajar
  • Melakukan komunikasi dengan para ahli waris dari pewaris yang telah menulis buku-buku lama yang sudah langka namun masih sangat dibutuhkan
    1. Tujuan
  • Menyediakan buku-buku hukum yang dibutuhkan mahasiswa, dosen dan juga masyarakat (Notaris, Advokad, Jaksa, Hakim)
  • Mengembangan jejaring dengan perguruan tinggi lain demi bisa mengundang mahasiswa perguruan tinggi lain dimaksud untuk datang ke toko buku hukum yang ada di lingkungan Fakultas Hukum Unair.

Struktur Organisasi

Toko Buku Law Book Store (LBS) dipimpin oleh 1 (satu) Dosen Fakultas Hukum Universitas Airlangga sebagai Ketua Unit. Untuk kegiatan operasional Law Book Store (LBS), Ketua Unit dibantu oleh 2 (dua) orang pegawai yang bukan berasal dari tenaga pendidik Fakultas Hukum Universitas Airlangga.

Info Pemagangan

Mekanisme Seleksi Magang

Pada dasarnya kembali pada persyaratan yang telah ditentukan oleh Fakultas Hukum Universitas Airlangga di dalam Buku Panduan Magang PKL, antara lain :

  1. Mahasiswa mengirimkan CV kepada Ketua Unit Law Book Store (LBS);
  2. Dilakukan wawancara singkat kepada mahasiswa yang mendaftar untuk mengetahui kompetensi dan minat mahasiswa;
  3. Penentuan kelayakan para mahasiswa yang mendaftar untuk ikut dalam program magang PKL.

Tata cara pelaporan dan Evaluasi

  1. Di awal semester, akan dilakukan rapat koordinasi Ketua Unit Law Book Store (LBS) dengan mahasiswa yang telah dinyatakan lolos dalam magang PKL internal di Law Book Store (LBS);
  2. Selanjutnya dilakukan pembagian tugas, setiap bulan mahasiswa harus melaporkan progres tugas yang diberikan dalam program magang PKL kepada Dosen Pembimbing yang ditunjuk.

Kuota Mahasiswa

Jumlah mahasiswa yang diterima dalam program magang berjumlah antara 10 – 15 mahasiswa/semester.

Durasi

Magang PKL internal Law Book Store (LBS) dilakukan selama 1 (satu) semester.

 

Dosen Pembimbing

Ketua Unit Law Book Store menguulkan 3 (tiga) Dosen Pembimbing, yaitu Dr. Nurwahjuni, S.H., M.H., Dr. Trisadini Prasastinah Usanti, S.H., M.H., dan Yuniarti, S.H., M.H., LLM.

Aktivitas dan Output Magang

  1. Merealisasikan program kerja sesuai dengan pembagian divisi yang telah dibentuk, yakni Divisi promosi, pemasaran, event dan Divisi desain grafis;
  2. Membuat artikel Review dari buku-buku koleksi yang dijual di Law Book Store (LBS).

Kontak

CP: 08113409955

PUSAT STUDI HUKUM BISNIS

Profil Singkat

Pusat Kajian Hukum Bisnis adalah salah satu pusat kajian yang ada di Fakultas Hukum Universitas Airlangga yang dibentuk sejak tahun 2016 berdasarkan SK Dekan Fakultas Hukum Universitas Airlangga. Pusat Kajian ini fokus melakukan pengajian terhadap perkembangan kebijakan Hukum Bisnis dan regulasi yang mendukungnya. Berbagai kegiatan telah dilakukan Pusat Kajian Hukum Bisnis antara lain melaksanakan beberapa Seminar Nasional mengenai pengajian kebijakan pemerintah terkait RUU Fidusia pada tahun 2019 dan Webinar mengenai Peran Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen pada tahun 2020, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Dalam rangka pengembangan aktivitas Pusat Kajian Hukum Bisnis serta menunjang proses pembelajaran mahasiswa yang tertuang dalam kurikulum sebagai mata kuliah PKL (pemagangan), Pusat Kajian Hukum Bisnis memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan untuk menelaah dan mendalami kebijakan dalam ruang lingkup hukum bisnis dan regulasi yang mendukung secara teoritis dan praktis.

Informasi Pemagangan

Magang ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang mengambil (KRS) mata kuliah PKL atau mengambil minat studi Hukum Bisnis serta memiliki keinginan yang kuat untuk ingin mendalami bidang hukum dalam ruang lingkup hukum perdata dan pengaturannya.

Aktifitas dan Output Magang

Berbagai kegiatan/ program yang dapat diikuti mahasiswa magang adalah membantu berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh Pusat Kajian Hukum Bisnis:

Program

Waktu

Keterangan

Penelitian

Maret-Desember 2021

Penulisan artikel ilmiah untuk publikasi pada jurnal SINTA/ SCOPUS

Maret-Desember 2021

Penyusunan draft buku

Maret-Desember 2021

Pengabdian Masyarakat

Juni-Oktober 2021

Tema: Penyelesaian Sengketa Transaksi Elektronik, Pelayanan Kesehatan

Seminar/ Webinar

Juli-Agustus 2021

Tema: Pelayanan Kesehatan

Diskusi bulanan oleh mahasiswa

Regular pada minggu ke-3 setiap bulan

Dengan mengikuti berbagai kegiatan tersebut, mahasiswa diharapkan semakin kritis dan memberikan sumbangsih keilmuannya kepada masyarakat dan berkontribusi bagi pengembangan hukum khususnya dalam hukum keperdataan (hukum Bisnis).

Luaran yang dicapai dari kegiatan-kegiatan yang menjadi program dalam pemagangan adalah:

a. Laporan tertulis yang disusun oleh mahasiswa; dan/ atau
b. Draft artikel untuk publikasi di Jurnal Ilmiah Bersama Dosen Pembimbing pada Pusat Kajian Hukum Bisnis dari penelitian/ pengabdian masyarakat.

  1. Tata cara pelaporan dan Evaluasi

Cara pelaporan kegiatan pemagangan pada Pusat Kajian Hukum Bisnis dilakukan oleh mahasiswa magang yakni dengan cara memberikan laporan tertulis secara singkat dan lengkap tentang kegiatan pemagangan yang sudah dilakukan dan lessons learned yang sudah diperoleh, serta output program pemagangan. Terkait Evaluasi dilakukan oleh Dosen pembimbing dengan mereview output dari kegiatan tersebut.

  1. Kuota Mahasiswa

Kuota Mahasiswa untuk Pusat Kajian Hukum Bisnis adalah sebanyak 6-10 orang mahasiswa per semester.

  1. Durasi

Pemagangan dilaksanakan per semester (Semester Genap/ Semester Gasal) sesuai dengan Kalender Akademik Fakultas Hukum Universitas Airlangga.

a. Time table Kegiatan Semester Genap 2020/2021

Kegiatan

Maret

April

Mei

Juni

Juli

Masa Orientasi Mahasiswa Magang

X

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penelitian

 

 

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

 

 

 

 

 

Penyusunan draft artikel publikasi

 

 

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

 

 

 

 

 

Penyusunan draft buku

 

 

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

 

 

 

 

 

Diskusi bulanan mahasiswa

 

 

 

 

 

 

X

 

 

 

X

 

 

 

X

 

 

 

 

 

Webinar (persiapan-pelaksanaan-laporan)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

X

X

X

X

X

X

Penyusunan Laporan oleh mahasiswa magang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

X

X

X

X

 

 

  b. Time table Kegiatan Semester Gasal 2021/2022

Kegiatan

Agustus

September

Oktober

November

Desember

Masa Orientasi Mahasiswa Magang

X

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penelitian

 

 

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

 

 

 

 

 

Penyusunan draft artikel publikasi

 

 

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

 

 

 

 

 

Penyusunan draft buku

 

 

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

 

 

 

 

 

Diskusi bulanan mahasiswa

 

 

 

 

 

 

X

 

 

 

X

 

 

 

X

 

 

 

 

 

Webinar (persiapan-pelaksanaan-laporan)

X

X

X

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penyusunan Laporan oleh mahasiswa magang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

X

X

X

X

 

 

 

  1. Dosen Pembimbing

Semua anggota dari Pusat Studi Hukum Bisnis merupakan Dosen Pembimbing dalam Pusat Kajian Hukum Bisnis.

Kontak

Dr. Z. Vanda C. (Bagian Hukum Perdata)